Skip to main content

Gromming Sendiri di Rumah (Kucing)

                Bagi pecinta hewan kesayangan pasti tidak asing lagi dengan kata gromming (memoles),yaitu suatu proses membuat / memoles hewan kesayangan menjadi lebih cantik dan tampil sempurna serta bersih.Akan tetapi,karena tidak tahu bagaimana cara yang baik dan benar memaksa kita untuk menyerahkannya ke pihak yang menyediakan jasa yang berarti harus merogoh kocek lebih dalam lagi.
                Nah,kali ini saya akan mencoba memberikan tipsnya untuk pembaca semuanya,tapi sebelumnya harus nyiapin sisir,gunting kuku (kalau bisa yang khusus hewan),handuk,hairdryer,cotton bud,baby oil,shampo kucing, dan handuk besar.


Pre-Memandikan (sebelum memandikan)
                Sebelumnya pastikan kucingnya dalam keadaan sehat dengan ciri-ciri kelihatan ceria,mata bersih,aktif dan tidak ada perubahan sikat dari hari-hari biasanya,kalau bisa ukur suhu tubuhnya.Kemudian barulah tahap selanjutnya dengan menggunting kuku dengan memperhatikan garis dan struktur kuku,yang digunting hanya bagian yang berwarna putih saja.
                Pada bagian telinga kita bersihkan dengan kapas atau cotton bud yang sebelumnya telah diusap dengan baby oil.Perlu di perhatikan,yang dibersihkan hanya bagian luar saja,jadi tidak perlu membersihkan yang bagian dalam,karena secara otomatis akan keluar sendirinya,selain itu difungsikan agar kucing tidak merasa tersakiti.
                Pada bagian mata,kita bersihkan dengan kapas yang telah di basahi dengan air hangat dengan mengarahkan kepala ke arah atas dan hapus semua kotoran yang berada di sekitar mata dan sebagainya.
                Sebelum memandikan,perlu juga menyisir dulu rambut-rambut yang menggumpal agar terurai,kemudian disikat agar bulu yang rontok terangkat.Kalau seandainya bulu yang menggumpal terlalu susah di sisir,bisa ditaburi dengan bedah terlebih dahulu,kemudian sisir lagi dengan cara yang halus.
Cara Memandikan
                Siapkan air hangat dalam bak air,kemudian masukkan kucing dalam bak air,basahi tubuh dengan gayung maupun shower hingga rata dari tengkuk sampai ekor,dan perlu di perhatian agar bagian muka dan telinga jangan sampai tersiram air.
                Kemudian beri sampho yang sesuai dengan kucing dan pijat serta digosok hingga merata keseluruh tubuh.Bisa juga menggunakan sikat karet agar sampho menyentuh bagian dasar kulit,dan ingat lagi,jangan sampai muka dan telinga serta mata terkena oleh sampho.
                Setelah rasanya bersih dan rata,kucing di bersihkan dengan cara di guyur dengan air ataupun shower sampai bersih sehingga busa shampo tidak ada lagi.Kemudian angkat kucing dan selimuti dengan handuk hingga setengah kering.
                Pada bagian muka dan kepala yaitu disekitar mata dan hidung dibersihkan dengan washlap sampai bersih.Kemudian keringkan dengan hair dryer atau blower pada jarak yang aman sambil disisir hingga kering sempurna sampai dasar kulit.
Cara Merawat Bulu
                Perawatan sedikitnya sekali seminggu dengan cara menyisir bulu bagian perut dan kaki sampai tidak kusut.Kemudian sisir bagian kepaa dari atas hingga bawah,dan juga bagian punggung hingga pangkal ekor dan ujung ekor.Kemudian berbalik arah sehingga bulu bulu yang mati terangkat.
                Untuk memisahkan gumpalan bulu,taburkan sedikit bedak kemudian pisahkan gumpalan bulu dengan tangan hingga terpisah menjadi helaian helaian.Sisir bulu disekitar leher dengan arah bolah balik hingga mengembang dan sikat bulu ekor secara perlahan ke arah luar.
Cara Merawat Telinga
                Secara rutin cek telinga setiap 2 hari sekali dengan membersihkan kotoran telinga 1 minggu sekali.Dengan cara pegang dan miringkan kepala kucing dan buka daun telinga lalu bersihkan dengan kapas yang telah diberi baby oil atau juga bisa menggunakan cotton bud dan jangan terlalu dalam.
Cara Merawat Mata
                Sebaiknya dilakukan setiap hari dengan memegang kepala kucing,condongkan ke atas dan usap dengan kapas yang telah dibasahi air hangat atau cairan pembersih.Setelah bersih usap lagi telinga dengan kain kering agar telinga bersih dan kering kembali.
Cara Memotong Kuku
                Pertama berikan tekanan ringan pada ujung kaki sehingga kuku kuku keluar,dan potong ujung putih dengan gunting yang tajam.
Cara Merawat Gigi
                Tekan sudut-sudut rahang dengan ibu jari dan telunjuk hingga mulut terbuka,kemudian sikat gigi secara perlahan dengan sikat gigi kecil.

NB : Tindakan ini bisa diterapkan pada hewan yang lain sesuai dengan kebutuhan.Seperti pada anjing dan lain lain.

Comments

Popular posts from this blog

Kenali anak kucing yang tertinggal dalam kandungan induk

Dokter-hewan.net  - Pada keadaan normal, kucing bunting selama 64-67 hari. Dan kelahiran merupakan puncak dari proses kebuntingan. Kucing merupakan makhluk yang mandiri dimana tidak memerlukan bantuan ketika melahirkan. Namun, pada keadaan tertentu mungkin saja dijumpai kucing yang mengalami kesulitan melahirkan dan berpotensi mengancam jiwa induk dan calon anak yang akan dilahirkan. Penyebabnya dapat berasal dari induk maupun anaknya sendiri. Terkadang pemilik akan membiarkan kucingnya melahirkan dan seringkali dibiarkan hingga esok dan keesokkan harinya. Hal Ini tidak menjadi masalah ketika benar semua anak yang ada dalam kandungan induk telah keluar semua. Tapi pastikan induk memiliki akses ke makanan dan air minum tanpa risiko anak-anak kucing menjadi terjebak atau tenggelam.  Lalu, apa yang terjadi jika ada yang masih tertinggal? Hal ini sering dicurigai pemilik ketika melihat kucingnya yang baru melahirkan, dengan jeda waktu yang cukup, dan perutnya masih terlihat

Waspada Luka Berbelatung pada Hewan Kesayangan

Dokter-hewan.net  - Luka yang terinfeksi belatung atau sering kita sebut dengan myasis merupakan kejadian yang cukup tinggi terjadi pada hewan kesayangan, terutama anjing. Kejadian myasis yang tidak ditangani dengan cepat dan tepat bisa berakibat fatal karena dapat menyebabkan kematian pada hewan akibat shock, intoksikasi ataupun infeksi sekunder. Myasis adalah kerusakan pada otot yang disebabkan oleh belatung. Belatung yang bentuknya seperti ulat ini berasal dari telur-telur lalat yang menetas, kemudian menggerogoti jaringan otot yang ada. Hal ini dapat berawal dari luka yang kecil yang tidak diketahui owner terutama pada hewan berambut panjang. Dengan perlahan, belatung akang menggerogoti jaringan otot di bawah kulit membentuk terowongan. Kondisi luka pada permukaan kulit ini akan mengundang lalat untuk bertelur sehingga belatung akan semakin banyak menempati luka hingga membusuk. Sampai kondisi seperti ini pun terkadang owner belum mengetahui betul apa yang terjadi pada hewan

Jerawat Kucing : Gejala, Diagnosa dan Terapi dari Chin “Blackhead” pada Kucing

Feline Acne Pengertian Jerawat Kucing (Feline Acne) adalah kelainan kondisi pada dagu kucing yang disebabkan oleh komedo ( blackhead ). Penyebab dari Jerawat Kucing Penyebab sebenarnya masih belum diketahui, namun beberapa factor dapat memicu terjadinya kelainan ini, termasuk stress, menurunnya system imun, praktik gromming yang tidak benar, dan kejadian atau efek dari penyakit lain, dermatitis dan kondisi minyak yang berlebihan yang disebabkan oleh folikel rambut yang tidak berfungsi dengan baik. Gejala jerawat kucing    Banyak komedo pada bagian dagu dan mulut kucing Dagu kucing terlihat kotor Komedo menyebabkan terjadinya abses Pada beberapa kasus, rambut rontok, dan adanya bengkak pada dagu. Menyebabkan rasa gatal sehingga kucing sering menggaruk dagu dan menyebabkan trauma pada dagu.   Dapat menyebabkan terjadinya infeksi sekunder.   Pada kucing Persia, kondisi ini dapat menyebabkan efek lipatan pada muka dan kulit.   Jerawat kucing dapat muncul pada se